Senin, 20 Desember 2010

Penjadwalan Proses

Definisi
¨  Penjadwalan merupakan kumpulan kebijaksanaan dan mekanisme di sistem operasi yang berkaitan dengan urutan kerja yang dilakukan sistem komputer. Penjadwalan bertugas memutuskan proses yang harus berjalan dan kapan atau berapa lama proses itu berjalan.
Sasaran
Sasaran utama penjadwalan proses  adalah optimasi kinerja menurut kriteria  tertentu, yaitu :
¨  Adil
                Proses-proses diperlakukan sama yaitu mendapat jatah waktu pemroses yang sama dan tak ada  proses yang tak kebagian layanan pemroses sehingga mengalami starvation.
¨  Efisiensi
                Efisiensi atau utilisasi pemroses dihitung dengan perbandingan (rasio) waktu sibuk pemroses. Sasaran penjadwalan adalah menjaga agar pemroses tetap dalam keadaan sibuk sehingga efisiensi mencapai maksimum. Sibuk adalah pemroses tidak menganggur, termasuk waktu yang dihabiskan untuk mengeksekusi program pemakai dan sistem operasi.
¨  Waktu tanggap (response time)
                Waktu tanggap pada sistem interaktif
                Adalah waktu yang dihabiskan dari saat karakter terakhir dari perintah dimasukkan atau transaksi sampai hasil pertama muncul di layar (terminal) à  disebut terminal response time
                Waktu tanggap pada sistem waktu nyata (real-time)
                Adalah waktu dari saat kejadian (internal atau eksternal) sampai instruksi pertama rutin layanan yang dimaksud dieksekusi à disebut event response time

¨  Turn arround time
                Adalah waktu yang dihabiskan dari saat program atau job mulai masuk ke sistem sampai proses diselesaikan sistem. Waktu yang dimaksud adalah waktu yang dihabiskan di dalam sistem.
turn arround time = waktu eksekusi + waktu menunggu
Sasaran penjadwalan adalah meminimalkan turn arround time.

¨  Throughput
                Adalah jumlah kerja atau jumlah job yang dapat diselesaikan dalam satu unit waktu. Sasaran penjadwalan adalah memaksimalkan jumlah job yang diproses per satu interval waktu. Lebih tinggi
                angka throughput, lebih banyak kerja yang dilakukan sistem.

TIPE-TIPE PENJADWALAN
¨  Penjadwal jangka pendek
                Tugas menjadwalkan alokasi pemroses diantara proses-proses ready di memori utama.
¨  Penjadwal jangka menengah
                Setelah eksekusi selama satu waktu, proses mungkin ditunda karena membuat permintaan layanan masukan/keluaran atau memanggil suatu system call. Proses-proses tertunda tidak dapat membuat suatu kemajuan menuju selesai sampai kondisi-kondisi yang menyebabkan tertunda dihilangkan. Agar ruang memori dapat bermanfaat, maka proses dipindah dari memori utama ke memori sekunder agar tersedia ruang untuk proses-proses lain. Kapasitas memori utama terbatas untuk  sejumlah proses aktif. Aktifitas pemindahan proses yang tertunda dari memori utama ke memori sekunder disebut swapping.

¨  Penjadwal jangka panjang
                Penjadwal jangka panjang bekerja terhadap antrian batch dan memilih batch berikutnya yang harus dieksekusi. Batch biasanya adalah proses-proses dengan penggunaan sumber daya yang intensif (yaitu waktu pemroses, memori, perangkat masukan/keluaran), program-program ini berprioritas rendah, digunakan sebagai pengisi (agar pemroses sibuk) selama periode aktivitas job-job interaktif rendah.Sasaran utama penjadwal jangka panjang adalah memberi keseimbangan job-job campuran.
 
STRATEGI PENJADWALAN
¨  Penjadwalan nonpreemptive
                Proses yang sedang berjalan tidak dapat disela. Sekali proses berada di status running (sedang berjalan), maka proses tersebut akan dieksekusi terus sampai proses berhenti karena selesai atau diblok untuk menunggu I/O atau untuk meminta beberapa layanan dari sistem operasi; dan CPU tidak dapat diambil alih oleh proses yang lain. 
¨  Penjadwalan preemptive
                Proses yang sedang berjalan dapat diinterupsi dan dipindah ke status ready oleh sistem operasi sehingga CPU dapat diambil alih proses yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar